Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Sistem Komputer 2018

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Sistem Komputer merupakan salah satu kegiatan agenda rutin di prodi S1 Sistem Komputer. Sasaran lokasi pengabdian ini di Kampung Pelangi , Dusun Pabyongan Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Asal nama Kampung Pelangi adalah Kampung Pelem RT 04 RW 01. Kampung ini disebut sebagai kampung pelangi karena seluruh rumah warga kampung kampung ini dicat dengan warna pelangi.

Kampung ini merupakan salah satu tempat wisata mandiri dimana warga di kampung ini,  dikenal dengan kegotong-royongannya. Berawal dari lomba kebersihan se-kelurahan, warga kampung terpacu untuk  lebih bersemangat untuk memperindah dan menjaga kebersihan kampung. Kampung ini berada di salah satu desa yang cukup  maju yaitu Desa Mulyosari, Tulungagung, dimana sinyal hp mudah didapatkan. Namun penghasilan keseharian dari warga kampung adalah mengembangkan usaha dari hasil kebun pertanian mereka.

Berdasarkan hasil wawancara oleh Bapak Lurah dan Bapak RT Kampung, sebagian besar warga berprofesi petani, namun sayangnya mereka belum mengenal teknologi yang sedang berkembang saat ini yaitu Penerapan Internet of Thing pada Rumah atau dikenal dengan Smart Home. Berdasarkan pengamatan dan beberapa wawancara, sebagian besar warga kampung hanya mengenal teknologi TV, HP 2 G yang hanya bisa kirim pesan dan melakukan panggilan,jarang yang menggunakan HP android atau Gadget yang bisa akses ke internet.  Namun keterbatasan pengetahuan teknologi tersebut, warga kampung masih bisa mengeluarkan ide-ide yang tidak kalah menarik dengan masyarakat kota, salah satu nya adalah membuat spot foto yang menarik wisatawan atau pengunjung  untuk hadir di kampung mereka.

Keindahan kampung hanya bisa dinikmati oleh pengunjung sebagai spt photo saja, keinganan Bapak Ketua RT adalah, warga kampung bisa membuat tempat wisata ini tersentuh teknologi terbaru saat ini.  Impiannya adalah ada alat yang bisa mengkontrol nyala lampu di sekitar kampung secara otomatis, selain menghemat listrik bisa bermanfaat bagi warga kampung.

Aktifitas yang dilakukan oleh Mahasiswa SK adalah sebagai berikut,

  1. Berkecimpung langsung dengan keseharian warga desa, semisal dengan membantu mengecat arena kampung
  2. Pameran Hasil Karya Maba 2017, dengan tujuan agar para pemuda-pemudi di sana mengetahui teknologi Smart House
  3. Peduli antar sesama warga desa memberikan sembako ke warga kurang mampu

Berikut beberapa dokumentasi yang berhasil disimpan,

Pemberian Kenang-Kenangan dari Stikom oleh Bapak Pauladie Susanto, Kaprodi SK 

Foto bersama salah satu warga Kampung Pelangi 

Foto Bapak/Ibu Dosen SK di depan Kampung Pelangi

Aktifitas Mahasiswa Membantu keseharian Warga Kampung

Proses Pemasangan Rangkaian Kontrol Lampu Otomatis Oleh Mahasiswa yang dibimbing langsung oleh Bu Ira

Proses Instalasi Lampu Otomatis oleh Mahasiswa SK

Pemberian Kenang-Kenangan Kepada Warga Kampung

Penjelasan Jemuran Otomatis Oleh Mahasiswa Ke Warga Kampung