Sidang Progress Tugas Akhir ini menampilkan 2 karya Tugas Akhir, yaitu:

  1. Sistem Automatic Feature Selection Berbasis Deteksi Gestur Kedua Jari Tangan Untuk Mengontrol Level Kecepatan Putaran 2 Kipas Angin Menggunakan Mediapipe

Cara kerja pada alat ini yaitu, gestur jari tangan sebagai inputan, dimana hasil deteksi tersebut akan ditampilkan dilayar laptop, yang nantinya akan dikirimkan ke Arduino melalui komunikasi serial menggunakan Arduino IDE sebagai software. Lalu relay akan mejalankan aksi untuk menghidupkan dan mematikan kipas angin. Hasil dari alat ini dapat mengontrol kipas angin dengan masing-masing jari tangan, dimana kipas angin 1 untuk tangan kanan dan kipas angin 2 tangan kiri. Kekurangan dalam alat ini adalah belum dapat mendeteksi kedua jari tangan untuk mengontrol 2 kipas angin sekaligus, sampai dengan saat masih pada tahap perbaikan.


 

 

2. Kontrol Level Kecepatan Putaran Kipas Angin melalui Deteksi Bentuk Gestur Jari Tangan Berbasis IoT

TA yang dikerjakan pada saat ini adalah untuk mengontrol kecepatan putaran kipas angin dari jarak jauh dengan bantuan protokol MQTT. Data yang akan dikirim dari program computer vision bertipe string, mulai dari 0 (kipas off), 1 (kecepatan kipas level 1), 2 kecepatan kipas level 2), dan 3 (kecepatan kipas level 3). Program konfigurasi untuk komunikasi antar broker atau server MQTT dan program computer vision digabungkan menjadi satu program. Untuk saat ini, pengerjaan TA masih berada pada tahap pengiriman data dari program computer vision ke broker MQTT. Namun, dari sisi penerima atau client masih belum.