Pengabdian Masyarakat yang secara rutin dalam 3 tahun terakhir, telah dilakukan secara rutin di berbagai wilayah. Kegiatan kali ini dilakukan di wilayah Jawa Timur, Madura tepatnya di kabupaten Tambelangan, Kecamatan Sampang. Kegiatan pengabdian masyrakat kali ini, sifatnya berbeda dengan yang sebelumnya. Pengabdian kali ini bersifat sharing edukasi di sekolah-sekolah Desa, yang mana bidang di sekolah tersebut, berisan langsung dengan bidang prodi Teknik Komputer. Pengabdiannya tersebut telah terlaksana pada tanggal 30 April 2019, di Jln Kh. Alinuruddin Tambelangan Sampang, Dajaan Timur, yaitu SMK N 1 Tambelangan.

 

Gambar . Diskusi Kepala Sekolah dan Kaprodi 

 

Gambar : Persiapan Pameran di aula SMK N 1 Tambelangan

Latar Belakang dari SMK N 1 Tambelangan merupakan sekolah yang terdiri dari 6 kejuruan, diantaranya adalah Teknik Elektronika Industri, Rangkaian Perangkat Lunak, Teknik Jaringan Komputer, Teknik Sepeda Motor, Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran. Siswa yang terdiri dari sekolah ini sekitar 300 siswa secara keseluruhan. Terkait dengan jurusan Teknik (RPL, Elektronika Industri, TKJ, dan TSM) yang telah juga mempelajari materi atau bahasan mengenai mikrokontroller yang menggunakan Arduino. Siswa kelas 9 sampai 12, telah dikenalkan arduino tersebut dalam kelas, seperti membuat line tracer dan penerapan arduino berbasis IoT.



Berkaitan dengan latar belakangan tersebut, dimanfaatkan oleh mahasiswa Teknik Komputer untuk melakukan sharing edukasi karya ASGARD (Automatic Smara Garden). Tujuannya agar siswa-siswi SMK dapat termotivasi dan melihat penerapan bidang-bidang ilmu yang sudah dipelajari di tingkat perguruan tinggi, sehingga hal ini mendorong siswa-siswi SMK untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain melakukan pameran ke siswa SMK, peserta pengmas dan Panita-Pengurus HIMA melakukan sharing edukasi dan soft marketing ke anak-anak SMK mengenai jurusan Teknik Komputer dan Stikom.