Gelar karya mahasiswa s1 teknik komputer untuk periode 18.2 telah dilaksanakan pada tanggal 21 agustus 2019di new expo dan lorong lantai 1. gelar karya tersebut diikuti oleh mahasiswa yang sudah menyelesaikan tugas akhir, dimana dari beberapa tugas akhir yang terbaik,akan dimuat di beberapa media cetak dan online. karya tugas akhir yang terpilih tersebut dapat dicek link berikut https://tk.stikom.edu/page/22/karya-mahasiswa

Berikut beberapa dokumentasi yang dari hasil gelar karya tersebut.

1. Rancang Bangun Transmisi data Herat Rate menggunakan Protokol MQTT

Transmisi data heart dengan menggunakan protokol MQTT dengan menganalisis Qos 0 dan Qos 1 yang terjadi pada proses transmisi data tersebut, dengan memanfaatkan subscriber dan publisher untuk proses tersebut. Karya ini menghasilkan sebuah prototype heart rate, aplikasi android, dan analisis protokol mqtt. Karya ini dilakukan oleh mahasiswa yang bernama Muhammad Reza Bintami dengan nim 15sk34

2.  Rancang Bangun Pengeringan Tembakau Menggunakan metode Flue Curing

Dengan melatar belakangi adanya pengeringan bahan tembakau yang masih dilakukan secara tradisional, yang masih memanfaatkan matahari, dimana ini menjadi keterbatasan petani untuk melakukan pengeringan tembakau untuk produksi tembakau rajangan. Terbentuklah sebuah prototype ini dengan menggunakan proses  metode Flue Curing yang memanfaatkan asap untuk pengeringan. Karya ini dilakukan oleh mahasiswa yang bernama Muhammad Yaqub dengan nim 15sk13

3. Implementasi MUSA untuk Pemantauan data Personal HR menggunakan Android

MUSA(Multi User Share Access) merupakan salah satu metode untuk multiuser dengan memanfaatkan metode j-son tree pada databse. Hal ini diterapkan untuk transmisi data heart rate yang secara langsung dimonitoring dengan menggunakan aplikasi android. Tujuan dari karya ini adalah agar data heart rate seorang pelari atau yang sedang melakukan olahraga dapat dimonitoring oleh  pelatihnya secara riel time. Karya ini dilakukan oleh Yahya Nugroho dengan nim 15sk14.

4. Rancang Bangun Alat pendeteksi Tidur Menggunakan Sensor Heart Rate pada Security Guard Berbasis IoT (Internet of Things)

Alat untuk pendeteksi HR Security Guard menggunakan sensor untuk mendeteksi HR untuk mata kantuk yang berdasarkan Heart Rate.Alat ini bisa digunakan oleh securtiy guard sebagai pengingat apabila kantuk tersebut menyerang. Karya ini dibuat oleh mahasiswa Freean Asvian dengan NIM 15sk69.

 

5. Rancang Bangun Kontrol dan Monitoring Kualitas Air Tambak Udang Menggunakan Android

Kualitas air sangat menentukan produksi udang di air tambak, sehingga perlu dilakukan kontrol akan kualitas air menggunakan Android sehingga memudahkan bagi petani udanga untuk memonitoring udang tersebut. Alat karya ini diciptakan oleh mahasiswa bernama Galih Prakoso dengan nim 15sk19. 

6. Penerapan Algoritma Idle Time untuk efesiensi daya pada Transmisi Data Heart Rate

Efesiensi daya pada perangkat IoT sangat dibutuhkan, khususnya pada transmisi data riel time. Penerapan algoritma tersebut, yang ditanamkan pada mikrokontroller dapat menghemat daya dari baterai untuk proses transmisi heart rate. Alat ini dapat diterapkan di prototype kecil yang berbasis IoT. Alat ini diciptakan oleh mahasiswa teknik komputer, Yonanta. 

7. Kendali Salinitas Air Menggunakan Fuzzy Logic Pada Aquarium Ikan Nemo

Kendali PH untuk ikan nemo perlu diperhatikan, dengan pengaturan ph pada kolam dengan menggunakan Fuzzy Logic telah diterapkan oleh Andhika Ricky Setiawan dengan nim 15sk58. 

8. Rancang Bangun Sistem deteksi Kerusakan pola Batik Menggunakan Meode Template Macthing

Kesalahan pola cetak batik di kain batik sering terjadi, mahasiswa TK sedang membuat alat tersebut dengan menggunkan metode prosesing pola untuk mengatasi permsalahan tersebut. Karya ini dilakukan oleh Fahmi Adyatma Haris dengan nim 15sk65.

9. Rancang Bangun Mobile Robot Vision Pengantar Makanan pada Sebuah Restoran

Robot pengantar makanan telah dibuat oleh mahasiswa TK Muhammad Faris Akbar dengan nim 15sk70, dimana robot ini dapat diterapkan di resto untuk mengantarkan pesanan dan konsumen dengan mengikuti pola garis pada peta restoran tersebut.

10. Pengukuran dan Pengamatan Sinyal Electrocardiagram menggunakan Raspberry dengan Tampilan Aplikasi Mobile

Pengamatan sinyal jantung saat ini sangat dibutuhkan untuk jarak jauh, salah satunya menggunakan aplikasi mobile. Hal ini telah dilakukan oleh Adrian Febiyanto dengan nim 15sk22.