Mahasiswa S1 Sistem Komputer pada tanggal 28 Juni 2018, telah melakukan kunjungan ke industri. Tujuan industri kali ini adalah PT Yakult dan Data Center Omadata. Studi Ekskursi kali ini diikuti oleh 26 mahasiswa angkatan 2016 dan didampingi oleh pengurus HIMA serta Bapak/Ibu Dosen. Kunjungan dimulai dari Data Center Omadata yang berlokasi di dalam gedung Intiland Jln Panglima Sudirman, Surabaya. Keberangkatan rombongan mahasiswa S1 Sistem Komputer diantarkan oleh Bapak/Ibu dosen S1 SK.

Gbr 1. Jelang Keberangkatan Peserta SE

Kunjungan ke Data Center Omadata disambut oleh Bu Intan dan Pak Ali, yang memberikan wawasan pada peserta mengenai data center. Omadata merupakan salah satu data center komersil yang berada di Surabaya. Omadata merupakan pioneer data center netral di Surabaya. Pembangunan data center Omadata harus mempertimbangkan topografi, geografi, sumber daya atau catu daya dan sistem telekomunikasi.  Pengetahuan yang perlu dipahami oleh setiap mahasiswa  kunjungan  Omadata, adalah informasi tujuan keberadaan  data center adalah  keselamatan fisik server dan data, kelangsungan data secara rieltime, meminilisir problem dalam infrastruktur informasi IT. Omadata merupakan data center tier 2 dinama maintenance jaringan dilakukan oleh pihak customer/perusahaan. Beberapa  informasi penting yang didapat dari Omadata yaitu : Colocotion Server, Server Internal, data center yang  berstandart ISO serta Omadata merupakan member IDCG UK London.

Gbr 2. Kaprodi S1 SK dan Pak Ali (Pemberian Kenang-Kenangan)

Gbr 3. Foto Bersama Peserta SE dan Pihak Omadata

Gbr 4. Sesi Tanya Jawab 

Kunjungan kedua yaitu di perusahaan PT Yakult Persada Indonesia yang terletak di Ngoro Mojokerto. PT Yakult Persada memproduksi minuman yakult. Yakult merupakan minuman probiotik yang peduli akan kesehatan masyarakat. Dari sini, mahasiswa mengunjugi proses pembuatan yakult, dengan tatanan mesin produksi yang rapi dan bersih serta teknologi yang canggih. Teknologi Robot untuk mengemas yakult mempermudah proses produksi yakult. Rangkaian pelaksanaan acara yang diikuti ketika berkunjung di PT Yakult yaitu :

  • Sambutan-penjelasan kesehatan dan pengenalan produk yakult
  • Pemutaran film – sejarah perusahaan
  • Melihat proses produksi di pabrik
  • Sesi Tanya Jawab
  • Sesi foto bersama

Gbr 5. Kaprodi dengan Pihak Yakult (Pemberian Kenang-Kenangan)

Gbr 6. Sambutan-Penjelasan Produk Yakult

Gbr 7. Foto Bersama di PT Yakult