Sidang Progress Tugas Akhir ini menampilkan 2 karya Tugas Akhir, yaitu:

 

Rotary Encoder Sebagai Aktifator Deteksi Objek PadaMobil Listrik

Tugas Akhir berjudul “Rotary Encoder Sebagai Aktifator Deteksi Objek PadaMobil Listrik” merupakan salah satu bagian dari pengembangan Mobil Listrik yang ada di Universitas Dinamika. Tugas Akhir ini membuat teknologi dimana Pengolahan Citra (Deteksi Objek) pada mobil listrik aktif hanya pada saat putaran roda mencapai batas yang sudah ditentukan. Cara kerja pada tugas akhir ini adalah rotary encoder membaca putaran yang dihasilkan dari roda yang digerakan oleh potensiometer, saat putaran telah mencapai batas yang ditentukan yaitu 60 RPM, maka program pengolahan citra otomatis diaktifkan. Saat putaran dari roda dideteksi kurang dari 60 RPM maka program pengolahan citra berhenti. Manfaat dari tugas akhir ini sendiri adalah peringatan yang dihasilkan oleh pengolahan citra tidak aktif jika mobil berada pada keadaan diam atau terparkir.



 


Sistem Monitoring Tingkat Keasaman dan Kekeruhan Air Tambak Udang Menggunakan ESP32 dan Raspberry Pi Sebagai Database Lokal

Alat ini mendeteksi kualitas air pH dan kekeruhan. Alat ini memiliki dua bagian, bagian pertama menggunakan ESP32 untuk membaca kondisi air dengan sensor pH dan turbidity untuk kadar asam dan kekeruhan, dan Raspberry Pi sebagai tempat penyimpanan data (database). Hasil pembacaan sensor dikirim ke server melalui WIFI yang kemudian dapat di tampilkan melalui hp atau komputer. Manfaat alat ini adalah membantu pengelola tambak untuk menjaga kualitas air untuk mendapatkan hasil panen udang dengan kualitas terbaik. Namun, alat ini memiliki kekurangan yaitu data hanya bisa diakses pada tambak.