Sidang Progress Tugas Akhir ini menampilkan 3 karya Tugas Akhir, yaitu:

 
SISTEM KONTROL PENGGERAK MOBILE ROBOT MENGGUNAKAN PERINTAH SUARA BERBASIS AUDIO CLASSIFICATION PADA DEEP LEARNING

 



Alat ini memiliki tiga bagian, bagian pertama telepon pintar sebagai mikropon untuk menerima perintah suara, bagian kedua laptop yang digunakan untuk AI dalam menganalisa serta memprediksi perintah suara yang diberikan dengan metode MFCC dan bagian ketiga berupa ESP32 yang menerima prediksi kemudian menggerakkan robot sesuai arah perintah suara. Semua komunikasi yang dilakukan pada telepon pintar, laptop dan ESP32 pada robot menggunakan komunikasi Wifi UDP. Manfaat alat ini membawa banyak manfaat, mulai dari peningkatan aksesibilitas dan kenyamanan hingga peningkatan produktivitas dan efisiensi di berbagai bidang. Dengan kemajuan teknologi pengenalan suara, potensi penerapannya semakin luas dan inovatif.

 




SISTEM MONITORING DAN PENGENDALIAN PEMBERI PAKAN AYAM PEDAGING OTOMATIS MENGGUNAKAN MAGGOT YANG TERINTEGERASI OLEH IOT

 



       Tugas Akhir ini berfokus pada pengembangan dan implementasi "Sistem Monitoring dan Pengendalian Pemberi Pakan Ayam Pedaging Otomatis Menggunakan Maggot yang Terintitegerasi oleh IoT". Sistem ini dirancang untuk memudahkan peternak dalam memberikan pakan secara efisien dan tepat waktu, sehingga mengurangi beban kerja manual dan meningkatkan produktivitas peternakan. Dengan menggunakan mikrokontroler, sensor berat, dan servo motor, sistem ini mampu mengatur distribusi pakan berdasarkan jumlah ayam dan jenis pakan yang telah ditentukan. Komponen utama meliputi wadah pakan dengan sensor berat, servo motor yang mengontrol buka tutup wadah pakan, serta modul WiFi untuk konektivitas IoT. Terhubung ke aplikasi Blynk, sistem ini memungkinkan pemantauan dan kontrol jarak jauh melalui smartphone, sehingga peternak dapat mengatur jadwal pemberian pakan, memantau konsumsi pakan secara real-tim. Dengan adanya sistem ini, pemberian pakan menjadi lebih presisi dan konsisten, memberikan solusi praktis dan efisien bagi peternak.

        Salah satu kekurangan yang dihadapi adalah pada penggunaan akrilik sebagai wadah sensor berat yang kurang kokoh. Ketika diuji selama sidang progres, akrilik tersebut patah karena tidak mampu menahan beban dengan baik. Pada tahap selanjutnya, akan mengganti akrilik yang patah dengan yang lebih tebal dan kokoh agar sistem dapat bekerja dengan lebih stabil dan dapat diandalkan. Selain itu, pengaturan derajat buka tutup servo motor untuk pakan. Disarankan agar derajat servo disesuaikan dengan jenis pakan yang diberikan, sehingga distribusi pakan bisa lebih tepat dan efisien. Untuk servo pakan pur dan maggot, penyesuaian derajat akan diterapkan guna memastikan pakan dapat disalurkan dengan jumlah yang sesuai dan tidak terjadi pemborosan. Masukan ini akan menjadi acuan penting dalam perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dari sistem pemberian pakan ayam otomatis.

 


RANCANG BANGUN SISTEM PEMILAH SAMPAH SECARA OTOMATIS BERBASIS VISI KOMPUTER MENGGUNAKAN YOLO VERSI 5.0       

        

   
        YOLO atau "You Only Look Once," adalah salah satu algoritma deteksi objek yang terkenal dalam bidang computer vision dan deep learning. Algoritma ini dirancang untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan objek dalam gambar atau video secara real-time. Rancang bangun sistem pemilah sampah dengan menggunakan metode YOLO, menggunakan webcam dengan bantuan opencv. Objek sampah yang diambil untuk proses pendeteksian dibedakan menjadi tiga jenis sampah berdasarkan bentuk sampah tersebut yakni kertas berbentuk persegi atau persegi Panjang, plastic berbentuk botol, dan metal berbentuk kaleng minuman bersoda.
        Proses deteksi objek harus melalui beberapa tahap yakni training data, dimana gambar atau foto tiga jenis sampah yang telah diambil baik dari internet maupun hasil foto sendiri dikumpulkan dalam bentuk dataset kemudian dilakukan proses training menggunakan website roboflow. Training dataset dilakukan dengan menggunakan algoritma YOLO versi 5.0 untuk mendapatkan model yang akan digunakan untuk menciptakan real-time deteksi sampah secara otomatis. Setelah model didapatkan, maka dirancanglah deteksi sampah otomatis yang diitegrasikan lewat komunikasi serial dengan Arduino uno sebagai penggerak motor untuk membuka kotak sampah, dimana kotak sampah ini telah dirancang untuk terbuka secara otomatis sesuai dengan sampah yang terdeteksi.
        Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah menciptakan sebuah prototype yang dapat membantu memudahkan manusia ketika membuang sampah, dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk membuang sampah berdasatkan jenis sampah sesuai pada tempatnya. Kelemahan dari sistem yang telah dibangun ini adalah, hanya dapat mendeteksi tiga jenis sampah berdasarkan bentuknya, dan juga tingkat kepercayaan dalam proses pendeteksian masih kurang, serta proses pendeteksian secara real time membutuhkan pencahayaan yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.