Pengabdian Masyarakat SK 2017

Pengabdian Masyrakat yang telah dilakukan oleh Mahasiswa S1 Sistem Komputer tanggal 10-12 Maret 2017 di Desa Karang Tengah  Kelurahan Kedung Turi Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang. Konsep Pengabdian ini adalalah melakukan pameran karya ke warga Jombang dan berinteraksi langsung dengan warga. Target memilih warga Jombang dikarenakan warga di dusun ini masih jauh mengenal teknologi. Oleh sebab itu lah, warga Dusun Jombang menjadi tujuan Mahasiswa SK untuk mengenal perkembangan teknologi saat ini, salah satu contohnya adalah Smart House. Para peserta pengabdian ini adalah mahasiswa baru angkatan 2014, 2015 dan 2016, dimana dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dilatih untuk dapat menyampaikan hasil karya mereka ke publik dengan komunikatif. Berikut Penjelasan dari konsep yang digunakan di Pengabdian Masyarakat.

 

Berinteraksi Langsung dengan Warga Jombang

Konsep ini seperti konsep KKN yang dilakukan oleh para mahasiswa pada umumnya, namun untuk acara kegiatan ini mahasiswa S1 SK melakukannya hanya 2 hari, dimana hari pertama mahasiswa menginap langsung di rumah warga Jombang dan keesokan harinya meraka melakukan aktifitas yang biasa dilakukan oleh warga Jombang seperti bertani, menjemur pari, dan membuat peralatan rumah tangga. Tujuannya agar mahasiswa SK terbiasa dan  mudah beradaptasi dengan kehidupan  warga dusun. Berikut beberapa kegiatan mahasiswa S1 SK yang terdokumentasikan.

Foto bersama dengan salah satu keluarga Jombang yang telah mengijinkan mahasiswa untuk menginap dan berinteraksi langsung melakukan aktifitas rutin dari keluarga tersebut. 

Aktifitas Mahasiswa membuat sebuah meja atau perabotan yang lainnya, yang merupakan salah satu rutinitas warga Dusun Karang Tengah.

Bertani merupakan profesi utama dari warga Dusun, dimana mahasiswa terlibat langsung menanam ataupun menuai padi yang sudah menguning. 

Melakukan Pameran di Dusun Karang Tengah

Pameran dilakukan di tengah Dusun,  yang telah mendapat respon baik dari warga, terlihat bahwa seluruh warga dari kalangan usia (anak-anak, remaja, dan ibu-ibu serta bapak-bapak) menghadiri pameran. Pameran yang diangkat tentang Smart House, berupa prototype dan maket besar hasil karya S1 SK. 

Mahasiswa Baru Angkatan 2016 menjelaskan maket Smart House dan cara kerja maket Smart House  kepada anak-anak, mereka terllihat antusias dengan mempelajari bagaimana maket tersebut bekerja.

Pameran terlihat ramai yang banyak dihadiri oleh anak-anak, ibu-ibu serta bapak-bapak dari Dusun

Foto Para Peserta Pengabdian dengan Pak Paul, Dosen SK disertai dengan  Kepala Dusun, Pak Wo.