Tanggal 17 Agustus tahun  45 merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap tahun menginjak tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia memperingatinya sebagai tanda rasa syukur dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan Negara ini.

Seluruh perguruan tinggi, sekolah menengah maupun sekolah dasar mengenang tgl tersebut dengan perayaan upacara. Upacara 17 Agustus 45 merupakan serangkaian upacara yang terdiri dari kegiatan dibacakan proklamasi Bung Karno, menyanyi lagu Indonesia Raya, 17 Agustus, dan lagu Nasional yang lainnya, serta pembacaan naskah dari Ristek Dikti.

Upacara ini merupakan suatu kewajiban di Intitusi Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya bagi seluruh karyawan dosen maupun non dosen, mahasiwa baru yang terlibat, dan mahasiswa lainnya , wajib mengenakan pakaian adat atau pakaian yang bernuansa perjuangan 45. Salah satunya seperti pakaian adat Bali, pakaian bodo, pakaaian adat Jawa, pakaian adat Sulawesi,  dan banyak lainnya.  Pengibaran Sang Pusaka Merah Putih dilakukan dengan baik oleh paskibraka Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.  Serta Pemimpin Barisan menyiapkan barisannya dengan rapi. Berikut nuansa proses pengibaran sang pusaka.

Gambar 1. Sang Pusaka siap dikibarkan oleh Paskibraka

Gambar 2. Barisan Seluruh Staff Karyawan Stikom Surabaya 

Usai upacara seluruh peserta upacara mengabadikan momen tersebut dengan berfoto gaya bebas. Setiap staff bagian tertentu atau jurusan tertentu berfoto dengan gaya kemerdekaan yang kemudian diupload di media social seperti Instagram, dimana foto tersebut disayembarakan oleh bagian Penmaru.  

Tidak kalah dengan prodi atau karyawan yang lain, prodi S1 Sistem Komputer dan Laborannya juga menunjukkan kebolehan dengan menggunakan berbagai macam baju adat, dan berfoto di depan Stikom. Berikut beberapa dokumentasi dari kegiatan usai upcara tersebut.

Gambar 3. Foto Bersama Dosen dan Laboran Sistem Komputer setelah Upacara 

Harapan dari kegiatan ini adalah kami sebagai generasi bangsa negera akan tetap berjuang demi kemerdekaan bangsa dan kesejahteraan warga dengan cara belajar menjadi yang terbaik dari segala sesuatu yang baik.