Studi Ekskursi atau Kunjungan Industri Mahasiswa S1 Sisktem Komputer Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2017, perusahaan yang telah dikunjungi adalah Data Center Omadata  (Surabaya) dan PT Yakult Indonesia Persada (Mojokerto). Kunjungan Industri ini diikuti oleh 50 peserta mahasiswa semester 5 yang didampingi oleh 2 Dosen SK yaitu Bu Musayyanah dan Pak Heri Pratikno.

1. Kunjungan Industri di Data Center Omadata

Data Center Omadata berlokasi di Gedung Intiland yang ada di Surabaya, anak perusahaan dari D-Net ini sering dikunjungi oleh kalangan pendidik, komunitas, dan siswa  SMK. Data Center ini menjadi wisata kunjungan pembelajaran untuk melihat secara langsung data center dari Omadata.

Branding Nama “Omadata” berasal dari kata “Oma” (dalam bahasa Jawa artinya adalah rumah), sedangkan data adalah kumpulan data, sehingga arti dari branding nama tersebut adalah Rumahnya data. Pusat data center hanya ada di Surabaya yang terhubung langsung dengan pusatnya di Jakarta. Omadata telah membangun Data Server yang masih terhubung di  wilayah Indonesia Timur yang disebut dengan ODIX (Omadata Internet Exchange).

Omadata merupakan penyedia server para customer yang bersifat netral, artinya penyedia untuk semua atau keseluruhan ISP. Salah satu contohnya Telkom. Penyedia Server tersebut dikenal dengan Colocation Server dimana Omadata hanya menyediakan infrastrukturnya sedangkan hardware (Router, Switch, Cable) disiapkan oleh customer masing-masing.

Selama Kunjungan ke data center, para Mahasiswa SK  bertanya mengenai cable management, Rack , Tingkatan dalam Data Center, Cara Penanganan Trouble Shooting, Instalalasi Rack Setiap Customer (ISP). Namun sayang saat berkunjung ke data center tidak diizinkan untuk mengambil gambar. Berikut beberapa dokumentasi selama presentasi pengenalan Omdata.

Gambar Peserta Kunjungan Industri dengan Pihak Omadata

Gambar Dosen Pendamping Kunjungan Industri dengan Pihak Omdata

Gambar Penyerahan Kenang-Kenangan untuk Omadata

Gambar. Pemberian Penghargaan Mahasiswa Aktif oleh Pihak Omadata

2. Kunjungan Industri Di PT Yakult Indonesia Persada

Kunjungan kedua setelah Omadata adalah di PT Yakult Indonesia Persada di Mojokerto. PT Yakult dipelopori oleh seorang ilmuwan dari Jepang yang memanfaatkan bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain. Kunjungan kali ini mahasiswa mempelajari proses pembuatan yakult yang menggunakan teknologi dengan mekanik canggih, yang hanya membutuhkan sedikit karyawan dalam pembuatan tersebut. Kesan pertama dari PT Yakult ini adalah tatanan pabrik yang sangat rapi, bersih, dan teknologi yang ada sangat kekinian, serta proses maintenance dari manufakture yang digunakan tersebut mendatangkan teknisi dari Jepang langsung.

Mahasiswa S1 SK telah dijelaskan bagaimana membuat Yakult yang dimulai resep pembuatan yakult, proses distributornya, serta pembuatan dan pengontrolan manufaktur yang digunakan. Berikut beberapa dokumentasi kunjungan di PT. Yakult.

Gambar Foto Bersama Seluruh Peserta Kunjungan di PT Yakult

Gambar Pemberian Kenang-Kenangan Untuk PT Yakult oleh perwakilan mahasiswa

Gambar Presentasi Pengenalan PT Yakult ke Peserta