Kuliah Tamu Kedua di Tahun 2018 ini,  telah dilaksanakan pada tanggal 19 November 2018 di SG STIKOM Surabaya, dengan mengangkat tema Teknologi Industri 4.0 di bidang Jaringan. Perkembangan akan teknologi,  telah merambat ke segala aspek, terutama sangat berdampak pada update pengetahuan yang nantinya mahasiswa butuhkan. Update Teknologi yang saat ini sedang booming adalah teknologi yang mengarah ke Industri 4.0 seperti halnya teknologi VoIP Produk Yealink, dimana teknologi tersebut menggunakan teknologi kamera optic untuk komunikasi video jarak jauh.  Saat ini, banyak Industri  telah menyesuaikan diri dengan teknologi yang berbasis Industri 4.0. Untuk menambah update pengetahuan bagi mahasiswa, maka prodi Sistem Komputer mengadakan kuliah tamu mengenai hal tersebut, yang harapannya mahasiswa bisa mendapatkan ilmu terbaru saat ini .

Gambar Bapak Herry Darmawan menjelaskan Konsep Infrastruktur Indutri 4.0 

Gambar Team Bapak Herry Darmawan Menjelaskan Cyber Security pada Mikrotik

Kuliah Tamu tersebut mengundang Bapak Herry Darmawan sebagai pembicara, beliau adalah Consultant Engineer dan Trainer Mikrotik. Bapak Herry Darmawan  dan team memberikan kuliah mengenai Communication versi 4.0 dan beberapa demo menggunakan teknologi Teleconfrence selama 3 jam. Kuliah Tamu tersebut banyak dihadiri oleh mahasiswa STIKOM Surabaya. Kuliah Tamu ini membahas mengenai 3 materi yaitu pendahuluan  mengenai Revolusi Industri 4.0, Penerapan Komunikasi Jarak Jauh dengan Teleconference pada Yealink, Penerapan Cyber Security pada Mikrotik.

Gambar Tanya-Jawab Peserta 

Peserta Kuliah Tamu sangat antusias untuk mengikuti kuliah tamu ini, beberapa pertanyaan telah diajukan ke pembicara.  Pertanyaanya seputar mengenai Konsep server pada YNS untuk teknologi Yealink, Komunikasi penerimaan video call dari layanan vidio lain pada Yealink, DNS Rekursive pada mikrotik. Output dari kegiatan ini adalah peserta mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat terutama mengenai teknologi yang terupdate saat ini. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian cindera mata dan foto bersama dengan peserta.

Gambar Penyerahan Cindera Mata pada Pembicara oleh Bapak Kaprodi

Gambar Pembicara dan Seluruh Peserta Kuliah Tamu