Pengumuman

Pelaksanaan Tugas Akhir dan Kerja Praktik

Program Studi S1 Teknik Komputer

 

 

Untuk menjaga keberlangsungan pelaksanaan Tugas Akhir dan Kerja Praktik selama masa Pandemi COVID-19, maka Program Studi S1 Teknik Komputer melakukan penyesuaian atas pelaksanaan Tugas Akhir dan Kerja Praktik.

 

A. Kerja Praktik (KP)

 

Pendaftaran

1. Pendaftaran dilakukan sesuai Prosedur yang telah ditetapkan oleh PPKP.

2. Mahasiswa melaporkan rencana KP-nya kepada Program Studi S1 Teknik Komputer dan akan mendapatkan Dosen Pembimbing KP.

3. Mahasiswa berkomunikasi dengan Instansi tempat KP dilengkapi dengan Proposal KP dan Surat Pengantar dari PPKP.

 

Pelaksanaan

1. Selama masa pelaksanaan dan bimbingan KP, seluruh pihak harus memperhatikan Peraturan Pemerintah berkaitan dengan Pandemi COVID-19, baik Protokol Kesehatan, Social Distancing, maupun PSBB.

2. Mahasiswa melaksanakan KP di Instasi sesuai dengan kesepakatan dan penjadwalan yang diberikan oleh Instansi. Tema KP ditentukan dengan bijaksana agar memenuhi semua peraturan pemerintah.

3. Mahasiswa dapat berkonsultasi kepada Dosen Pembimbing KP selama masa pelaksanaan KP atau setelahnya pelaksanaan KP.

4. Penggunaan metode daring (online) dapat dimaksimalkan selama masa pelaksanaan dan bimbingan KP.

 

Pelaporan

1. Pelaporan KP diwujudkan dalam bentuk Buku Laporan Kerja Praktik sesuai dengan ketentuan yang telah disediakan oleh PPKP.

2. Mahasiswa, Personalia dari Instansi, dan Dosen Pembimbing diharapkan mengembangkan ketelitian dalam penyusunan Laporan KP agar tidak terjadi Revisi Penjilidan Laporan, sehingga mengurangi aktivitas luar pada masa Pandemi COVID-19.

 

 

B. Tugas Akhir (TA)

 

Pendaftaran

1. Pada masa Pandemi COVID-19, tema dan bentuk TA sebaiknya dipilih dan ditetapkan secara bijaksana agar dapat diselesaikan walaupun berada pada keadaan yang penuh dengan keterbatasan.

2. Pendaftaran dilakukan sesuai Prosedur yang telah ditetapkan oleh PPTA.

3. Proposal TA harus mendapat tanda tangan dari para Dosen Pembimbing.

4. PPTA akan memberikan informasi kepada Prodi S1 TK berupa daftar mahasiswa yang mendaftar Proposal TA.

 

Ujian Proposal

1. Selama masa Ujian Proposal TA, seluruh pihak harus memperhatikan Peraturan Pemerintah berkaitan dengan Pandemi COVID-19, baik Protokol Kesehatan, Social Distancing, maupun PSBB.

2. Ujian Proposal TA dijadwalkan dan dilaksanakan oleh Prodi S1 TK.

3. Ujian Proposal dilakukan secara daring (online) menggunakan Goggle Meet yang telah difasilitasi oleh Universitas Dinamika.

4. Mahasiswa harus melaporkan Proposal TA yang telah direvisi dan mendapat tanda tangan lengkap dari para Dosen Pembimbing, Dosen Pembahas, dan Kaprodi S1 TK melalui email (sesuai dengan format yang telah ditentukan) ke PPTA.

 

Pelaksanaan

1. Selama masa Pelaksanaan TA, seluruh pihak harus memperhatikan Peraturan Pemerintah berkaitan dengan Pandemi COVID-19, baik Protokol Kesehatan, Social Distancing, maupun PSBB.

2. Mahasiswa dapat menggunakan metode daring dan berbagai media online saat berkonsultasi dengan para Dosen Pembimbing.

 

Ujian Akhir

1. Selama masa Ujian Akhir TA, seluruh pihak harus memperhatikan Peraturan Pemerintah berkaitan dengan Pandemi COVID-19, baik Protokol Kesehatan, Social Distancing, maupun PSBB.

2. Ujian Akhir dilakukan secara daring (online) menggunakan Goggle Meet yang telah difasilitasi oleh Universitas Dinamika.

3. Mahasiswa menyiapkan hasil karyanya secara menyeluruh, baik melalui presentasi, demonstrasi aplikasi secara langsung, dan demonstrasi peralatan secara langsung (demonstrasi peralatan melalui video merupakan pilihan terakhir).

 

Pelaporan

1. Pelaporan TA diwujudkan dalam bentuk Buku Laporan Tugas Akhirsesuai dengan ketentuan yang telah disediakan oleh PPTA.

2. Mahasiswa, para Dosen Pembimbing, dan Dosen Pembahas diharapkan mengembangkan ketelitian dalam penyusunan Laporan TA agar tidak terjadi Revisi Penjilidan Laporan, sehingga mengurangi aktivitas luar pada masa Pandemi COVID-19.

 

Gelar Karya dan Kelengkapan TA

1. Pada masa Pandemi COVID-19, Gelar Karya akan tetap diselenggarakan (metode penyelenggaraannya disesuaikan dengan situasi dan kondisi Surabaya dan Jawa Timur).

2. Mahasiswa harus tetap memenuhi kelengkapan TA (disimpan pada DVD) sebagai berikut:

a.      Buku Tugas Akhir

b.      Jurnal JCONES

c.      X-Banner, berisi

1)     Judul, Tujuan, Metode, dan Hasil

2)     Gambar Karya

3)     Nama Pembimbing

4)     Identitas Mahasiswa (NIM, Nama, Foto Resmi)

d.      Gambar Promosi

1)     TV Panjang: JPG 8000x900 pixel, 72 dpi

2)     Website: JPG 1423x583 pixel, 72 dpi

e.      Video Promosi

1)     Lengkap (Kualitas HD), memuat Identitas, Deskripsi Karya, dan Cara Pengoperasian

2)     Pendek (Maksimum 99 MByte), memuat Identitas dan Deskripsi Karya

f.       Deskripsi Karya [https://tk.dinamika.ac.id/page/35/buku-panduan]

g.      Formulir Pengumpulan Karya [https://tk.dinamika.ac.id/page/35/buku-panduan]

h.      User Guide Pengoperasian Karya dalam bentuk buku

i.       Source Code dalam bentuk buku

j.       Dokumen Hak Kekayaan Intelektual, yang meliputi

1)     Formulir HKI [https://tk.dinamika.ac.id/page/35/buku-panduan]

2)     Scan KTM, KTP, dan NPWP (jika memiliki)

 

Demikian pengumuman ini, atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

 

Kaprodi S1 Teknik Komputer

Pauladie Susanto

 

 

Referensi:  Surat Edaran Rektor, nomor 041/KTR-05/VI/2020, tentang “Kebijaksanaan Pelaksanaan Tugas Akhir, Kerja Praktik, dan Praktikum di Lingkungan Universitas Dinamika”, tanggal 05 Mei 2020.